Tips Jual Jajanan 1000an di SD agar Laris Manis

Mempunyai hobi membuat makanan anak-anak? Manfaatkan hal tersebut dengan berjualan. Tips jual jajanan 1000an di SD agar laris manis pun paling banyak dicari oleh para pedagang yang berjualan di sekitar area sekolah. Ingin tahu apa saja tips yang dapat membuat jualan laris? Simak berikut ini penjelasannya.

1. Unik

Berjualan di lingkungan sekolah yang target pasarnya adalah anak-anak maka harus bisa melihat sifat dan karakter dari pembeli. Anak SD adalah penyuka makanan yang unik atau jajanan baru yang belum pernah ditemuinya. Jika jualan yang ditawarkan termasuk ke dalam kategori tersebut maka bisa menarik perhatian anak.

Tips jual jajanan 1000an di SD agar laris manis ini tentunya harus berbeda dan lain dari pedagang pada umumnya. Terciptannya keunikan yang disajikan tidak harus melahirkan jajanan baru, pedagang bisa melakukan sedikit modifikasi dengan memberikan inovasi. Hal tersebut akan membuat jajanan yang sudah ada sebelumnya terlihat berbeda dan unik.

2. Rasanya Enak

Menjalankan sebuah bisnis yang memperjual belikan makanan siapa pun itu target konsumennya. Hal yang harus dipastikan yaitu rasa enak pada jajanan yang ditawarkan, meskipun harga jualnya 1000an. Mengapa hal tersebut penting? Sebuah rasa enak atau lezat akan membuat konsumen menikmati jajanan yang dimakannya.

Seorang pedagang perlu mengetahui resep jajanan 1000an untuk jualan, sehingga dapat membuat anak SD terpikat dan segera membeli dagangan yang ditawarkan. Tidak hanya itu dengan mengetahui berbagai resep jajanan akan membuat pengetahuan seorang pedagang bertambah, sehingga dapat membuat aneka jajanan lain dengan resep yang disukai oleh anak-anak.

3. Terjamin Kebersihannya

Menjajakan jajanan berupa makanan yang diperuntukkan kepada anak-anak maka penting untuk seorang pedagang menjamin kebersihan jajanan. Anak SD yang masih dalam masa pertumbuhan rentan akan penyakit, terlebih lagi yang berasal dari debu, lalat atau proses pengolahan makanan yang tidak sehat.

Kebersihan sangat berpengaruh terhadap laris atau tidaknya jajanan yang dijual. Para orangtua dan guru tentu akan melarang anak mereka untuk memakan jajanan yang sembarangan dan tak higienis. Terlebih lagi pihak sekolah pasti akan melarang para pedagang yang terbukti menjual jajanan tidak sehat di lingkungan sekolah.

4. Harga Murah

Uang saku anak SD tentu tidak banyak, hal inilah yang harus dipertimbangkan oleh para pedagang jika ingin jualannya laris. Buatlah jajanan yang dapat dijangkau oleh anak-anak, dimulai dari harga 500 hingga 1000 rupiah. Jika jajanan yang dijual terjangkau oleh oleh anak SD, maka dijamin jualan tersebut akan cepat habis.

Intinya jangan memberikan harga yang terlalu tinggi untuk ukuran jajanan anak SD. Sebenarnya untuk harga sendiri tergantung dari sekolah tempat berjualan dan latar belakang ekonomi anak-anak tersebut. Namun pada umumnya meskipun latar belakang ekonomi baik, orangtua biasanya akan tetap memberikan anak uang saku secukupnya.

5. Inovatif

Terakhir, hal yang dapat dilakukan untuk membuat jajanan 1000an di SD laris manis yaitu dengan terus memberikan inovasi di setiap jajanan. Sifat alami anak-anak yaitu mudah bosan, begitu pula dengan jajanan. Hal ini harus bisa dipelajari oleh para pedagang, bagaimana caranya menghadirkan inovasi baru yang tidak membuat anak-anak bosan.

Cobalah mengganti jajanan yang sebelumnya dengan produk baru atau hasil kreasi yang terlihat lebih menarik. Cara tersebut sangat efektif untuk membuat pendapatan penjualan tetap stabil. Fenomena musiman atau yang laris ketika waktu tertentu harus bisa disiasati dengan beragam inovasi, sehingga penjualan tetap laris seperti biasannya.

Nah, ternyata tips jual jajanan 1000an di SD agar laris manis tidak begitu sulit untuk dilakukan. Beberapa hal yang telah dijelaskan dapat diterapkan dengan mudah pada kegiatan berniaga yang dimiliki oleh para pedagang yang tengah menjalankan usahanya.