Cara Ampuh Mengusir Rayap

Kehadiran rayap di rumah kerap mengganggu lantaran dapat merusak perabotan, terutama yang terbuat dari kayu. Bukan hanya perabotan seperti lemari dan meja, rayap juga dapat menghabisi buku, pakaian, dan bahkan pondasi rumah. Oleh karena itu, berbagai cara dilakukan untuk mengusir rayap agar serangga ini tak semakin merugikan pemilik rumah. Lantas, bagaimana cara ampuh mengusir rayap yang mengganggu di rumah?

Cara mengusir rayap dengan bahan alami Beberapa bahan alami dapat menjadi pilihan cara Jasa Anti Rayap mengusir rayap tanpa membahayakan penghuni rumah dan hewan peliharaan. Dikutip dari berbagai sumber, berikut bahan alami untuk membasmi rayap di rumah:

1. Bawang putih Tak hanya penyedap rasa, bawang putih juga dapat dimanfaatkan sebagai pembasmi serangga termasuk rayap. Menurut Kementerian Pertanian, bawang putih memiliki sifat fungisida alami dan pestisida yang ampuh san efektif untuk mengendalikan serangga. Selain rayap, ramuan bawang putih juga dapat digunakan untuk membasmi semut, rayap, lalat putih, kumbang, penggerek, ulat bulu, siput, dan ulat daun. Untuk mengusir rayap dengan bawang putih, hanya perlu menghaluskan atau menghancurkannya dengan sedikit air. Selanjutnya, cairan bawang putih disemprotkan ke bagian furnitur kayu atau benda-benda lain yang terserang rayap.

2. Bubuk cabai merah Cara alami selanjutnya yang bisa dilakukan untuk membasmi rayap adalah dengan menaburkan bubuk cabai di sarang rayap. Dilansir dari Kompas.com (4/9/2021), bubuk cabai mampu mengatasi keberadaan koloni rayap pada furnitur rumah. Dengan menaburkan bubuk cabai merah, serangga ini tidak akan dapat memakan kayu lebih luas lagi atau di luar batas taburan bubuk.

3. Daun mimba Lihat Foto Ilustrasi pestisida nabati dari daun mimba(Bebeautiful) Daun mimba juga dapat dimanfaatkan untuk mengusir rayap dari rumah, sehingga tidak dapat merusak properti kayu lagi. Manfaat daun mimba ini, menurut laman Kementerian Pertanian, lantaran tiga zat penting di dalamnya, yakni azadirachtin, salanin, dan meliantriol.   Ketiga senyawa tersebut digolongkan ke dalam kelompok triterpenoid dan merupakan bahan pestisida alami yang ampuh.

4. Garam Garam yang kerap ditemukan di dapur turut bermanfaat sebagai bahan alam pembasmi rayap. Hal tersebut karena serangga ini menghindari garam, termasuk tanah yang asin. Untuk itu, semakin banyak garam, semakin cepat pula rayap pergi. Adapun caranya, taburkan garam di sarang rayap agar serangga ini tidak membuat kerusakan yang lebih parah pada furnitur rumah.

5. Sinar matahari  Sinar matahari menjadi senjata ampuh selanjutnya untuk mengusir rayap dari sarangnya. Pasalnya, mayoritas jenis rayap merupakan serangga yang relatif senang berkembang biak di tempat lembap dan gelap. Oleh karena itu, cobalah untuk menjemur furnitur yang terserang rayap di bawah paparan sinar matahari langsung. Lakukan hal ini setidaknya selama empat jam agar serangga itu lekas pergi.

Selain cara alami, penting pula untuk mengetahui jenis rayap dan cara tepat untuk membasminya. Dikutip dari laman Forbes Home, seperti kebanyakan serangga, rayap adalah hewan berkoloni yang memiliki lebih dari satu varietas dengan karakteristik berbeda. Pertama, rayap tanah adalah jenis rayap yang paling umum dan banyak menyebabkan kerusakan di lingkungan rumah. Rayap berwarna putih krem hingga coklat tua atau hitam ini bersarang di bawah tanah dan membuat terowongan lumpur berongga sebagai jalan menuju sumber kayu tanpa takut pemangsa. Kedua, rayap kayu kering yang tidak hidup di tanah dan lebih senang berdiam diri di tempat kering. Rayap kayu kering umumnya berwarna coklat muda dan dapat tumbuh cukup panjang. Ketiga, rayap kayu basah adalah jenis serangga yang tumbuh subur di sebuah kayu basah. Hidup dalam koloni lebih kecil, serangga ini identik dengan warna merah kecoklatan. Cara terbaik untuk mengusir atau membasmi rayap dan membuatnya tak kembali adalah dengan menyesuaikan jenisnya.

Masih dari sumber yang sama, berikut cara ampuh membasmi rayap:

1. Cara membasmi rayap tanah Cara terbaik untuk membasmi rayap tanah adalah dengan mengoleskan atau menyemprotkan termitisida atau cairan anti rayap di sekitar furnitur kayu. Setelah rayap tak sengaja mengonsumsi termitisida, dia akan membagikannya kepada koloni. Racun ini kemudian akan bertindak seperti virus, menyebar dari rayap ke rayap, dan membunuh mereka secara perlahan.

2. Cara membasmi rayap kayu kering Termitisida juga efektif untuk rayap kayu kering. Namun, serangga ini dapat diusir hanya dengan minyak esensial seperti minyak jeruk. Caranya, campurkan minyak ke dalam larutan air dan semprotkan ke area yang menjadi sarang rayap kayu kering. Minyak esensial akan mengganggu sistem saraf pusat rayap, sehinga berdampak pada kemampuan bereproduksi dan berganti kulit. Imbasnya, rayap kayu kering lama-kelamaan akan mati.

3. Cara membasmi rayap kayu basah Untuk membasmi rayap kayu basah, bahan kimia bernama borat adalah cara yang paling populer. Larutan borat yang dioleskan langsung ke kayu akan ditelan rayap. Selanjutnya, saat berada di tubuh rayap, borat akan membunuh mikroorganisme di saluran pencernaan dan memaksa serangga ini untuk mati kelaparan.