Wisata Sejarah di Kota Kediri

Hello, Sobat Historisers! Kali ini kita akan membahas tentang “Wisata Sejarah di Kota Kediri”. Kota Kediri yang terletak di provinsi Jawa Timur ini memiliki banyak tempat wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi. Mari kita simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahui lebih lanjut.

1. Candi Penataran

Candi Penataran adalah salah satu peninggalan sejarah yang cukup terkenal di Kota Kediri. Candi ini merupakan candi Hindu yang terletak di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar, sekitar 30 km dari Kota Kediri. Candi ini dibangun pada abad ke-12 Masehi oleh raja Kerajaan Kediri, Raja Jayabhaya. Candi Penataran memiliki luas sekitar 10 hektar dan terdiri dari beberapa bangunan utama, yaitu candi induk, candi perwara, dan candi-candi kecil lainnya.

2. Kediri Mall

Kediri Mall bukanlah sebuah tempat wisata sejarah, namun tempat ini menjadi pusat perbelanjaan yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Kediri Mall berlokasi di Jalan Pahlawan, Kediri. Di sini, Sobat Historisers bisa menemukan berbagai jenis barang dan produk dengan harga yang terjangkau.

3. Museum Majapahit

Museum Majapahit terletak di Jalan Raya Tjokroaminoto Nomor 35, Kota Kediri. Museum ini didirikan pada tahun 2005 dan menjadi salah satu tempat wisata sejarah yang wajib dikunjungi di Kota Kediri. Di museum ini, Sobat Historisers bisa melihat berbagai koleksi benda-benda peninggalan Kerajaan Majapahit seperti arca, prasasti, dan benda-benda lainnya.

4. Candi Jiwa

Candi Jiwa adalah sebuah candi Buddha yang terletak di Desa Jiwa, Kecamatan Kandat, Kabupaten Kediri. Candi ini dibangun pada abad ke-9 Masehi dan merupakan salah satu peninggalan sejarah yang cukup terkenal di Kota Kediri. Candi Jiwa memiliki arsitektur yang unik dan menarik, sehingga banyak wisatawan yang datang untuk mengunjungi tempat ini.

5. Taman Wisata Tirta Nirwana

Taman Wisata Tirta Nirwana merupakan tempat wisata yang cocok bagi Sobat Historisers yang ingin menikmati suasana alam yang sejuk dan asri. Tempat ini berlokasi di Desa Plosorejo, Kecamatan Plemahan, Kabupaten Kediri. Taman Wisata Tirta Nirwana memiliki kolam renang yang luas dan airnya yang jernih. Selain itu, di sini juga terdapat berbagai wahana permainan air yang seru dan menyenangkan.

6. Museum Kertosono

Museum Kertosono terletak di Jalan Raya Kertosono, Kabupaten Nganjuk, sekitar 25 km dari Kota Kediri. Museum ini didirikan pada tahun 1985 dan menjadi salah satu tempat wisata sejarah yang menarik di Kota Kediri. Di museum ini, Sobat Historisers bisa melihat berbagai koleksi benda-benda peninggalan sejarah seperti prasasti, arca, dan benda-benda lainnya.

7. Goa Selomangleng

Goa Selomangleng adalah sebuah goa yang terletak di Desa Selomangleng, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri. Goa ini memiliki sejarah yang cukup menarik, karena di sini pernah terjadi peristiwa pertempuran antara Tentara Kerajaan Pajang melawan Tentara Kerajaan Kediri pada abad ke-16 Masehi. Saat ini, di dalam goa ini terdapat tempat ibadah yang sering dikunjungi oleh umat Hindu.

8. Pantai Papuma

Pantai Papuma adalah sebuah pantai yang terletak di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember, sekitar 60 km dari Kota Kediri. Pantai ini memiliki keindahan alam yang memukau, dengan pasir putih dan laut yang jernih. Di sini juga terdapat bukit karang yang bisa Sobat Historisers naiki untuk melihat pemandangan laut yang lebih luas.

9. Candi Sukuh

Candi Sukuh adalah sebuah candi Hindu yang terletak di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, sekitar 200 km dari Kota Kediri. Candi ini dibangun pada abad ke-15 Masehi oleh raja Kerajaan Majapahit, Brawijaya V. Candi Sukuh memiliki arsitektur unik dan menarik, sehingga banyak wisatawan yang datang untuk melihatnya.

10. Bukit Cinta

Bukit Cinta adalah sebuah bukit yang terletak di Desa Kepuh, Kecamatan Plemahan, Kabupaten Kediri. Bukit ini memiliki pemandangan alam yang indah, dengan hamparan sawah yang hijau dan gunung-gunung di kejauhan. Bukit Cinta juga menjadi tempat yang populer untuk menikmati matahari terbit atau terbenam.

Kesimpulan

Itulah beberapa tempat wisata sejarah dan alam yang menarik untuk dikunjungi di Kota Kediri. Dari candi-candi peninggalan sejarah, museum, hingga pantai dan bukit indah. Semua tempat tersebut memiliki daya tarik yang berbeda-beda dan akan membuat Sobat Historisers merasa terpesona dengan Kota Kediri. Jangan lupa untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut saat Sobat Historisers berkunjung ke Kota Kediri. Terima kasih telah membaca artikel ini dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!