TIPS DAN TRIK

Aktifin Instagram Dark Mode! Biar Mata Gak Capek, Juga Hemat Baterai

Summary

Penggunaan ponsel ketika kalian menjalani self quarantine seperti saat ini masih lebih sering. Nah, kalau ponsel kalian seri baru, yang layarnya sudah menerapkan teknologi AMOLED, ada baiknya kalian mengaktifkan mode gelap atau dark mode. Sekarang sejumlah aplikasi sudah help dark […]

Penggunaan ponsel ketika kalian menjalani self quarantine seperti saat ini masih lebih sering. Nah, kalau ponsel kalian seri baru, yang layarnya sudah menerapkan teknologi AMOLED, ada baiknya kalian mengaktifkan mode gelap atau dark mode. Sekarang sejumlah aplikasi sudah help dark mode kok, termasuk Instagram, WhatsApp, Twitter maupun Facebook.

Kenapa kalau ponsel kita menggunakan layar AMOLED lebih baik menggunakan dark mode? Salah satu alasannya agar hemat baterai guys. Sebaba pixel putih, yang ada di mode layar normal, bisa lebih boros dalam pengunaan baterai.

Banyak orang juga mengungkapkan bahwa mode gelap mengurangi ketegangan mata, terutama pada malam hari, karena berkurangnya cahaya. Kali ini mainmain.id lebih dulu membahas bagaimana menjadikan Instagram bisa digunakan untuk mode gelap.

Sebelum kalian mencoba, pastikan dulu Android kalian sudah versi 10 ke atas ya. Kalau pengguna iPhone, OS kalian minimal harus iOS13.

Cara mengaktifkan mode gelap Instagram untuk iPhone

1. Buka pengaturan ponsel (setting)
2. Pilih ‘Tampilan dan kecerahan’
3. Ketuk ‘Gelap’ atau ‘Dark’ untuk mengubah tema
4. Buka Instagram

Cara mengaktifkan mode gelap Instagram untuk Android

1. Buka pengaturan ponsel (setting)
2. Cari pengaturan ‘Tampilan’
3. Aktifkan ‘Tema gelap’
4. Buka Instagram

Cara lain untuk menghemat daya di Instagram

Jika ponsel kalian belum memiliki operating system (OS) Android 10 atau iOS thirteen, masih ada cara lain langkah untuk menghemat baterai saat bermain Instagram. Caranya adalah membatasi tampilan gambar atau foto di feed agar tidak terload otomatis.

Cara ini tak hanya menghemat baterai, tapi juga bisa menghemat knowledge. Cocok lah untuk para pemburu wifi kalau pas gak nemu wifi gratisan.

Cara pengaturannya adalah klik ikon menu di kanan atas aplikasi. Lalu klik ikon pengaturan di bagian bawah. Klik ‘Akun’, lanjut pilih ‘Penggunaan information seluler’ dan aktifkan ‘Penghemat information’.

Pengaturan ini mencegah video dan foto dimuat di depan. Jadi, kalian perlu melakukan tab atau klik dulu untuk melihat unggahan di feed kalian.

Cocok lah buat kalian yang banyak punya ‘following’, tapi sebenarnya kalian memfollow orang itu karena sungkan aja, dan kalian sebenarnya tak ingin melihat unggahan orang tersebut. Konon cara ini juga bisa menghemat baterai hingga 10 persen.