Tempat Terbaik Diving Spot di Daerah Wakatobi, Ini 4 Daftarnya

Sebagai salah satu destinasi wisata di Indonesia, daerah Wakatobi memiliki lanskap yang luar biasa khususnya alam bawah laut. Vegetasi terumbu karang yang beraneka macam, ratusan spesies ikan yang hanya hadir di sana hingga kemunculan ikan paus sperma. Dengan alam bawah laut yang luar biasa maka tidak heran apabila daerah Wakatobi dilirik wisatawan mancanegara.

Mereka hadir di daerah Wakatobi tidak sekadar menikmati pasir putih atau air laut yang jernih melainkan menyelami alam bawah laut. Ada banyak spot yang menarik dan bahkan tidak bisa didapatkan di manapun selain di Wakatobi. Maka dari itu, keelokan alam seperti ini patut dilestarikan dan dijaga.

Jika ada wisatawan dalam negeri yang ingin merasakan sensasi menyelam di daerah Wakatobi, bacalah daftar ini. Semacam daftar yang membantu wisatawan untuk menemukan spot menarik untuk diving.

1. House Reef

Salah satu daerah Wakatobi yang memiliki diving spot menarik adalah House Reef. Tempat ini mudah untuk dijelajahi. Bagi para wisatawan yang berminat, cukup menumpang kapal dari resort menuju House Reef. Bahkan, tak perlu naik kapal melainkan bisa juga berenang menuju ke sana.

Ketika sampai di sana, Anda bisa langsung menyelam dengan alat snorkeling saja. Namun, jika Anda merasa tertantang untuk menyelam lebih dalam lagi, Anda bisa saja lanjut menyelam ke area bawah. Namun, patut diingat, Anda pun membutuhkan lebih dari sekadar alat snorkeling. Anda bisa menyewa peralatan yang lebih lengkap.

2. Cornucopia

Bagi wisatawan yang memiliki keahlian menyelam, barangkali tempat yang satu ini wajib dikunjungi. Namanya adalah Cornucopia. Letaknya berdekatan dengan Pulau Tomia. Salah satu pulau yang juga merupakan daftar destinasi wisata di Wakatobi. Di Cornucopia, Anda bisa menyelam hingga kedalaman 20-55 meter.

Namun, ada syarat dan ketentuan yang berlaku jika ingin menyelam di Cornucopia. Anda perlu memiliki sertifikat menyelam. Hal ini untuk memastikan bahwa orang-orang yang menyelam adalah orang terlatih di bidangnya. Ketika Anda memiliki sertifikat itu, kemudian bisa menjelajahi alam bawah laut Cornucopia, betapa indahnya vegetasi terumbu karang di Pulau Tomia.

3. Coral Garden

Tidak bisa dimungkiri bahwa Wakatobi adalah gudangnya terumbu karang. Salah satunya yang terdapat di Coral Garden. Tempat yang cocok untuk menyelam ini memiliki gugusan terumbu karang yang luar biasa. Tidak hanya terumbu karang melainkan juga fauna yang hadir di situ. Ada kura-kura hijau hingga lobster. Bahkan, fauna yang hanya ada di sini yaitu ikan ekor pelangi.

Kedalaman dari Coral Garden antara 18-25 meter. Angka yang cukup baik untuk digunakan menyelam. Jika Anda beruntung saat menyelam maupun mengitari Coral Garden, Anda bisa mendapatkan foto terbaik. Tentu saja dengan latar belakang Coral Garden.

4. Roma

Nah, untuk tempat menyelam yang terakhir bisa Anda kunjungi adalah Roma. Namanya memang mirip dengan salah satu daerah di Italia. Roma memiliki kedalaman antara 15-25 meter. Dengan kedalaman seperti itu, Anda bisa melihat aneka terumbu karang yang luar biasa indahnya.

Selain itu, Anda bisa juga melihat gugusan terumbu karang tanpa perlu menyelam. Sebab, air lautnya sangat jernih. Jadi, Anda pun bisa mengambil foto tanpa perlu menyelam. Oh, iya, untuk di daerah Roma, sangat direkomendasikan untuk penyelam pemula. Hal ini disebabkan dengan ombaknya yang tenang sehingga bagi penyelam pemula aman untuk menjelajahi isi bawah laut.

Inilah empat daerah Wakatobi yang perlu Anda ketahui. Anda bisa menjelajahinya mulai dari urutan pertama atau bebas. Sebenarnya masih ada banyak diving spot lain di daerah Wakatobi. Hal ini mengingat daerah Wakatobi adalah salah satu yang terbaik untuk diving spot.

Jika Anda ingin mengetahuinya lebih lengkap, kunjungi Indonesia Travel. Dapatkan pula informasi menarik lainnya tentang destinasi wisata di Indonesia.